Selamat Datang Bro

Selamat datang Bro... Semoga kalian suka dengan artikel kami, JANGAN LUPA SUBSCRIBE DENGAN MENEKAN TOMBOL DIBAWAH, GRATIS BRO !!

Tempat Subscribe

Sikap Respect

Source: Youtube.com
Respect adalah sikap menghormati sesama
Respect adalah sikap yang sepele tapi sulit diwujudkan
Respect bukanlah sekedar hashtag tapi harus didapatkan

Halo kawan-kawan, kali ini saya akan membahas tentang sikap respect/ menghormati. Sikap tersebut sangatlah sepele, bahkan kalian yang membaca artikel ini menganggap bahwa hal ini tidaklah penting. "tapi tolong dibaca dulu, kalau ngk mau baca sebarkan ke orang lain biar blog ane rame ☝☝ hehe.." Sebelum dibaca silahkan lihat videonya dulu. Artikel kali ini mungkin agak panjang, tapi yang terpenting dibaca bagian "cara respect terhadap orang lain"


Memang sepele, tapi kalau bisa diwujudkan dampaknya luar biasa, kalau tidak bisa? Dampaknya juga luar biasa negatif. Sumber masalah dijaman sekarang ini biasanya berasal dari "tidak bisa terwujudnya rasa respect kepada orang lain" contohnya :

1. Perkelahian
Source: Pixabay.com



Masalah ini jelas, disebabkan karena kedua pihak tidak saling menghormati. Ketika salah satu pihak merasa tidak dihormati( sebut saja pihak pertama ) oleh pihak kedua. Maka pihak pertama juga tidak respect terhadap pihak kedua atau dengan arti lain pihak pertama memberikan sikap yang tidak respect terhadap pihak kedua mungkin contoh gampangya mengejek. Dan ahkirnya pihak kedua juga merasa tidak dihormati. sehingga ahkirnya terjadi gesekan yang menimbulkan masalah yang tidak selesai, biasanya jalan yang diambil kedua pihak adalah perkelahian yang menambah banyak masalah. Jalan keluarnya sebenarnya sepele yaitu saling respect satu sama lain, tapi sayangnya terkadang tidak ada yang mau menghormati duluan karena "gengsi" kedua pihak. Hal ini sekarang juga sering terjadi pada suporter bola.

2. Perpecahan
Source: Pixabay.com

Perpecahan juga sering terjadi dijaman sekarang, dimulai dari komunitas,negara,daerah, bahkan agama sekalipun. Semua hal tersebut juga terjadi akibat adanya rasa kurang respect antar anggota, kebanyakan dari mereka mementingkan diri sendiri sehingga lupa akan tujuan kelompoknya. Oleh karena itu dalam hal ini pemimpin sebuah komunitas yang harus berjuang mengatasi perpecahan, anggota pun harus berjuang untuk menghormati tujuan bersama diatas kepentingan pribadi. Cara mengatasinya jika kalian berada di komunitas adalah pilihlah pemimpin yang baik dan berkualitas, karena jika sembarang orang dijadikan pemimpin, akibatnya banyak orang yang salah presepsi. Contoh dekatnya adalah soal agama, semua agama sebenarnya baik, tapi ketika ada pemimpin yang salah menafsirkan tentang sebuah ajaran, maka banyak umat yang juga ikut salah, dan jika kita ingin memberi tahu bahwa hal itu salah, mereka justru merasa yang paling benar. Itu sebuah akibat yang sangat fatal yang membuat perpecahan.

3. Kurangnya Toleransi 
Source: Pixabay.com
Kurangnya rasa toleransi juga bisa disebut pelecehan terhadap orang lain. Sekarang ini sangat sering terjadi pelecehan sexual yang dialami wanita. Seharusnya kita sebagai pria, mau menghormati wanita. Harus menghormati tapi jangan sampai kehilangan kehormatan. Pelecehan sering dilakukan oleh oknum yang sangat tidak bertanggung jawab dan lebih rendah daripada sampah. Pelecehan juga bisa dilakukan dalam hal lain contohnya fitnah. Secara tidak langsung fitnah dapat melukai hati si korban yang bisa berakibat bunuh diri dan depresi, hal itu juga bisa dialami oleh korban pelecehan sexual. Oleh karena itu, jika kalian laki-laki hormatilah perempuan. Dan yang terpenting juga jangan menyebarkan isu yang tidak benar adanya.

4. Hilangnya Semangat Untuk Berkarya
Source: Pixabay.com
Masalah ini lebih menyangkut di bidang seni, tidak pernah ada seorang seniman,artis,youtuber, dan semua orang yang mungkin seniman yang sukses tanpa ada respect dari fans, subscriber, dan penonton. Bayangkan saja ketika ada seorang youtuber yang membuat video (seperti video diatas) dengan segala editan yang rumit dan membutuhkan waktu lama, tetapi hanya sedikit orang yang memberikan apresiasi seperti like, jangankan like, mungkin terkadang melihat videonya tidak sampai selesai. Jika kalian melihat videonya sampai selesai, si pembuat video pasti akan senang dan akan membuat video yang lebih baik daripada yang sekarang. Sebaliknya, jika yang mengapresiasi sedikit, lama kelamaan semangat untuk berkarya akan hilang.

Bagaimana cara RESPECT terhadap orang lain?

Cara paling mudahnya sudah dijelaskan di video diatas, yaitu anda harus menghargai orang lain terlebih dahulu baru orang lain yang menghargai anda. Berikut ini secara lebih rinci:

1. Menikmati karya seni orang lain
Semisal ada sebuah band atau seorang seniman yang menampilkan sebuah karya seni, mungkin banyak kekurangan di mata kalian, entah mungkin penyanyinya suaranya kurang bagus atau entah bagaimana, yang terpenting dengarkan dan nikmati saja, tidak usah banyak comment. Kecuali kalian lebih pengalaman dalam hal seni atau bidang karya orang tersebut. Kalau anda lebih pengalaman, ada baiknya memberi tahu kekurangan dari karya orang tersebut, tapi secara halus jangan seperti soktahu

2. Berterimakasih kepada orang lain

Hal ini sangat sederhana tapi sulit diwujudkan, memang hanya 1 kata tapi tidak semua orang bisa mengatakannya.Jika kalian sudah selesai menampilkan sebuah seni musik atau karya seni, baiknya ucapkan terimakasih kepada penonton/fans. Tanpa penonton kalian bukanlah apa-apa. Mungkin ada orang yang merasa tanpa orang lain/ penonton/suporter/apalah bisa sukses? Itu salah besar, contoh gampangnya tanpa penonton tidak ada acara konser, tanpa orangtua kita tidak akan pernah ada, tanpa suporter tidak ada dukungan moral yang lebih. Oleh karena itu hargai orang lain bro, pemain sebesar Cristiano Ronaldo yang bisa memenangkan berbagai gelar saja mau berterimakasih kepada ibunya,suporter, dan orang lain yang terlibat dalam kesuksessannya.
3. Melihat sisi baik seseorang
Menurut saya hal ini yang paling sulit diwujudkan dijaman sekarang. Semisal ada teman yang mungkin sifatnya tidak kalian sukai, contoh: sombong. Kalau yang dipandang sikap sombongnya saja pasti bikin males. Supaya ngak males, pandang sikap baiknya aja daripada bikin panas, ademin aja. Mungkin hal ini juga buat kalian yang punya mantan, banyak yang bilang kalo mantan itu "anji*g", tapi saran saya, jangan sampai segitunya juga, lagian dulu juga pernah sayang, ingat saja kebaikannya hehe....✌

4. Melihat Karya oranglain sampai selesai
Kalau kalian membaca artikel ini dari awal sampai ahkir, saya sangat berterimakasih kepada kalian semua. Dengan begitu kalian sudah respect terhadap karya saya. Videonya juga dilihat sampai selesai supaya kalian bisa belajar respect disini.

Dan yang terahkir, mungkin kalian kurang mengerti arti dari kata-kata "Respect bukan diajarkan tapi didapatkan"  maksutnya adalah: Kita respect terhadap seseorang bukan karena paksaan tapi karena dari hati kita "
Kenapa saya jelaskan? karena beberapa orang mungkin salah tangkap dengan artinya, sehingga menganggap bahwa respect itu tidak membutuhkan pembelajaran, takutnya malah blognya dianggap ngak penting


Sekian pembelajaran dari kami, semoga bermanfaat dan Tuhan memberkati.
 Artikel ini tidak untuk menyindir tapi untuk memberikan pembelajaran saja

Jangan Lupa untuk share dan like, kalau ada kekurangan silahkan komentar dan sebutkan kekurangannya apa?


3 komentar:

  1. Informasinya sangat mendidik sekali, gan. Tapi, mohon maaf, kalimatnya terlalu panjang sama kurang rapi buat yang baca susah mengerti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sip, makasih buat komentar dan sarannya ya.
      tolong share dan subcribe blog ini ya bro
      Tuhan Memberkati :)

      Hapus

Popular Posts

Kontributor

User Online